Wednesday, 13 January 2016

Deskripsi Jurusan-jurusan Pertanian dan Peternakan di Perguruan Tinggi

Deskripsi Jurusan Pertanian dan Peternakan di Perguruan Tinggi
Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris ini akan semakin diperhitungkan dunia jika didukung oleh SDM yang handal. Negara ini membutuhkan sarjana-sarjana pertanian dan peternakan untuk mengelola sumber daya alam yang berlimpah dan beraneka ragam.

Di Jepang misalnya, meskipun lahan pertaniannya hanya 25% namun hasil pertaniannya bisa optimal. Hal ini karena pertanian di Jepang ditangani oleh SDM yang handal dan sentuhan teknologi yang tinggi.

Berikut ini jurusan-jurusan pertanian dan peternakan di perguruan tinggi.

Teknik Pertanian




Mempelajari cara bercocok tanam modern, masalah klimatologi, ilmu tanah, mekanika tanah, dan perbengkelan untuk mesin modern pertanian.

Kemampuan Penunjang

Kimia, biologi, fisika, senang menggambar, analisis deskriptif.

Bidang Minat

Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen, Mekanisasi dan Otomasi Pertanian, Pembukaan dan Penataan Lahan, Pompanisasi Pertanian, Tata Letak dan Perencanaan Lahan.

Lapangan Kerja

Departemen perindustrian, pemerintahan (Bapenas, Bulog, dan lain-lain), peneliti, dosen.

Teknologi Pangan

Mempelajari pengelolaan bahan pangan (daging, sayur-mayur, buah-buahan, biji-bijian) juga aspek-aspek mengenai kue, roti, susu, cokelat, pengawasan mutu, gizi, dan penanggulangan limbah.

Kemampuan Penunjang

Biologi dan kimia.

Bidang Minat

Desain dan Model Industri Pangan, Pemasaran Hasil Industri Pangan, Teknologi Fermentasi, Teknologi Pengemasan Pangan, Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, Hortikultura dan Perairan, serta Teknologi Pengolahan Susu.

Lapangan Kerja

Pabrik pengolahan makanan.

Teknologi Industri Pertanian




Mempelajari perancangan sistem terpadu untuk meningkatkan produktivitas pertanian, efisiensi, proses pertanian, dan pemasaran produk.

Kemampuan Penunjang

Kimia dan manajemen.

Bidang Minat

Teknologi Industri Mikrobiologi, Sistem Industri Hasil Tanaman Pangan dan Perkebunan, Sistem Industri Peralatan dan Mesin Pertanian.

Lapangan Kerja

Departemen Pertanian, PT Perkebunan (PTP), dan perusahaan swasta bidang pertanian.

Ebook Pembahasan Soal SBMPTN

Teknologi Hasil Ternak

Mempelajari sifat-sifat fisik dan kimia komoditi hasil ternak (ternak potong, ternak perah, dan unggas), aspek-aspek sehubungan dengan perlindungan konsumen terhadap penurunan kualitas hasil ternak, prinsip dasar pengujian kualitas, dan penanggulangan penurunan mutu hasil ternak.

Kemampuan Penunjang

Biologi dan kimia.

Bidang Minat

Ilmu dan Teknik Pengolahan Susu, Teknologi Pangan dan Gizi Hasil Ternak, Ilmu dan Teknik Pemotongan Ternak, Ilmu dan Teknik Pengolahan Daging dan Telur Unggas.

Lapangan Kerja

Pabrik pengolahan makanan, dosen, dan lain-lain.

Teknologi Hasil Pertanian

Mempelajari pengelolaan bahan pangan (daging, sayur, buah-buahan, biji-bijian) juga aspek-aspek mengenai kue, roti, susu, coklat, pengawasan mutu, gizi, & penanggulangan limbah.

Hasil pertanian yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan pertanian

Kemampuan Penunjang

Biologi dan kimia.

Bidang Minat

Teknologi Pengawasan & Pengawetan Hasil Panen, Teknologi Pengolahan Pasca Panen Tanaman Pangan & Perkebunan, Teknologi Tanaman Bahan Serat.

Lapangan Kerja

Pabrik pengolahan makanan, dosen, dan lain-lain

Teknologi Hasil Perikanan

Mempelajari budidaya ikan, reproduksi ikan, penangkapan ikan, penanganan hasil perikanan, pengawetan ikan, dan manajemen agribisnis ikan.

Kemampuan Penunjang

Biologi dan kimia.

Bidang Minat

Bioteknologi Hasil Laut, Industri Pangan Hasil Perikanan, Teknologi dan Tata Niaga Hasil Perikanan, Teknik Laboratorium Industri Hasil Perikanan, Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Penganekaragaman Hasil Perikanan.

Lapangan Kerja

Departemen pertanian, perusahaan budidaya ikan, perusahaan penangkapan ikan.

Teknologi Hasil Hutan

Mempelajari budidaya hutan berupa kayu dan nonkayu, sifat-sifat kimia dan fisika kayu, pengeringan, pengawetan, permesinan kayu, pengetahuan tentang pulp dan produksi kertas.

Kemampuan Penunjang

Biologi dan kimia.

Bidang Minat

Biokomposit dan Kimia Hasil Hutan, Ekonomi Industri Hasil Hutan, Teknologi Pemanenan Hasil Hutan, Teknologi Pemprosesan dan Pemanfaatan Kayu Padat.

Lapangan Kerja

Departemen kehutanan, industri pengolahan kayu, pabrik kertas, dan lain-lain.

Manajemen Hutan

Mempelajari tentang pengelolaan hutan dalam bentuk kehutanan sosial, ekonomi kehutanan, biometrika, pemanfaatan hutan, dan pemanenan hasil hutan.

Kemampuan Penunjang

Biologi.

Bidang Minat

Aspek Sosio-Ekonomi Hutan, Ekologi, Patologi dan Hama Hutan, Kajian Lingkungan dan Perencanaan Hutan, Pencegahan Kebakaran Hutan dan Pemulihannya

Lapangan Kerja

Instansi pemerintah, peneliti, konsultan, dosen, wirausaha, perkebunan.

Ilmu Kelautan




Mempelajari tentang biota dalam laut terutama ikan.

Kemampuan Penunjang

Biologi.

Bidang Minat

Manajemen Sumber Daya Perairan, Manajemen Perikanan Tangkap, Manajemen Akuakultur, Teknologi Hasil-Hasil Perikanan.

Lapangan Kerja

Instansi pemerintah, peneliti, konsultan, dosen, wirausaha, perkebunan.

Deskripsi berikutnya, Deskripsi Jurusan-jurusan Sains Non-Teknik di Perguruan Tinggi.

Demikian berbagi pengetahuan dengan Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada deskripsi yang kurang jelas. Semoga berkah.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan