Friday, 15 January 2016

Deskripsi Jurusan-jurusan Sains Non-Teknik di Perguruan Tinggi

Deskripsi Jurusan-jurusan Sains Non-Teknik di Perguruan Tinggi, mahasiswa sains
Jurusan-jurusan sains non-teknik lebih bersifat keilmuan, kecuali yang berhubungan dengan seni seperti arsitektur dan desain produk industri. Materi pada jurusan sains lebih dalam dan lebih luas. Siswa yang suka penelitian dan pendalaman materi sangat cocok di jurusan-jurusan ini.

Berikut ini adalah jurusan-jurusan sains non-teknik di perguruan tinggi.

Arsitektur




Merancang bangunan yang mengoptimalkan seni yang kreatif imaginatif berdasarkan teknologi untuk memberikan pemanfaatan ruang yang nyaman dan indah bagi aktivitas manusia dan lingkungannya.

Kemampuan penunjang

Matematika (skala & konsep tiga dimensi), seni dan kemampuan menggambar berskala.

Bidang Minat

Arsitektur Pemukiman dan Hunian, Ilmu dan Teknologi Arsitektur, Struktur Bangunan Terpadu, Studio Perancangan Arsitektur, Teknologi dan Perencanaan Bangunan.

Lapangan Kerja

Arsitek, perancang proyek, konsultan, dosen, peneliti, aktivis LSM.

Arsitektur Lansekap

Perancangan arsitektur pertamanan (PRA) dan perencanaan arsitektur pertamanan ( PRE ) untuk menghasilkan tata ruang taman yang indah dan terpadu dengan lingkungan untuk daerah rekreasi, hotel, resort, daerah cagar budaya, daerah industri dan agrowisata.

Kemampuan Penunjang

Matematika (skala dan konsep tiga dimensi), seni dan kemampuan menggambar berskala

Lapangan Kerja

Arsitek, perancang proyek, konsultan, dosen, peneliti, aktivis LSM.

Ebook Pembahasan Soal SBMPTN

Desain Produk Industri

Mempelajari rancang bangun peralatan dan perlengkapan kebutuhan hidup yang artistik, fungsional, ekonomis, dan ramah lingkungan, yang meliputi karya berupa produk industri, media komunikasi visual, serta desain interior.

Bidang Minat

Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual (grafis), Desain Interior.

Lapangan kerja

Berkiprah secara profesional di dalam berbagai industri sebagai desainer, marketing, dan manajemen, atau wiraswasta.

Sistem Informasi

Mempelajari metode penyimpanan data dalam bentuk basis data untuk selanjutnya diolah agar menjadi informasi terpadu dalam bentuk sistem informasi.

Kemampuan Penunjang

Gambar berskala, ketelitian.

Lapangan Kerja

Konsultan rancang bangun perangkat lunak sistem informasi, perusahaan atau instansi pemerintah pada bagian sistem informasi dan pengolahan data.

Statistika

Menganalisis data menggunakan teknik-teknik statistika meliputi perhitungan yang didukung dengan cara ilmiah untuk mengumpulkan, menabulasi, menggolongkan hingga dapat diartikan.

Kemampuan Penunjang

Statistika, matematika.

Bidang Minat

Analisis dan Perancangan Survei, Metode Numerik dan Riset Operasi, Metode Simulasi dan Pemodelan Matematika, Metode Statistik Riset Pemasaran, Pengendalian Mutu dan Kelayakan.

Lapangan Kerja

Pusat dan penelitian berbagai instansi.

Perancangan Wilayah dan Kota

Mempelajari aspek-aspek pengembangan kota dan daerah agar pembangunan kota dan daerah lebih terarah, perencanaan kebijaksanaan pembangunan, perumahan/pemukiman, tata bangunan dan lingkungan, perencanaan prasarana dan sarana kota, dan perencanaan manajemen kota.

Kemampuan Penunjang

Fisika, matematika.

Bidang Minat

Perencanaan Pengembangan dan Pemberdayaan Wilayah, Perencanaan, Perancangan, Pengembangan Sarana Prasarana dan Pemukiman Urban, Transportasi, Pariwisata, serta Tata Kota.

Lapangan Kerja

Konsultan, pemerintahan (Dinas Tata Kota, perhubungan, perindustrian, perumnas), dosen.

Oseanografi

Mempelajari laut dan segala fenomenanya.

Kemampuan Penunjang

Memiliki kesehatan yang baik, ketahanan dan kekuatan fisik yang cukup, dan tidak cacat jasmani karena banyak kegiatan laboratorium lepas pantai.

Bidang Minat

Studi Dinamika Pasang Surut, Arus dan Gelombang Laut, Studi Abrasi dan Sedimentasi Pantai, Studi Penanggulangan Dampak Penyebaran Polutan Laut, Teknologi Pemanfaatan dan Pemetaan Sumber Daya Kelautan.

Lapangan Kerja

Departemen Kelautan, Dephub seperti PT PELNI, TNI Angkatan Laut, LIPI, perusahaan pengeboran minyak lepas seperti Mobil Oil.

Meteorologi




Mengkaji fenomena dan proses yang terjadi di atmosfer. Hasil proses data meteorologi dalam aplikasi skala global dimanfaatkan dalam klimatologi yang menjelaskan berbagai fenomena dan gejala atmosfer jangka panjang.

Kemampuan Penunjang

Matematika, fisika, bahasa Inggris.

Bidang Minat

Hidrometeorologi, Klimatologi (Ilmu Cuaca), Meteorologi Pengamatan Cuaca, Meteorologi Pertanian dan Lingkungan, Meteorologi Satelit.

Lapangan Kerja

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), LAPAN, Angkatan Laut, Dephub, Dephankam, BPPT, perusahaan penerbangan seperti GIA, Merpati.

Geofisika

Mempelajari struktur bawah permukaan bumi untuk mengetahui kandungan mineral di dalam bumi dengan menggunakan pengukuran, hukum, metode, dan analisis, fisik serta pemodelan matematika untuk mengeksplorasi dan menganalisis struktur dinamik bumi dengan tujuan mencari mineral-mineral yang berguna bagi kehidupan manusia.

Kegiatan mahasiswa geofisika

Kemampuan Penunjang

Fisika, matematika, bahasa Inggris.

Bidang Minat

Instrumentasi Geofisika, Geofisika Lingkungan, Geofisika Numerik dan Komputasi, Metode Geofisika Eksplorasi, Pemprosesan dan Pemodelan Data Geofisika.

Lapangan Kerja

Perusahaan minyak seperti Pertamina, Caltex, mobil oil, schlumberger; peneliti di direktorat minyak bumi gas; Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG); Direktorat Vulkanologi.

Geografi

Mempelajari permukaan bumi sebagai lingkungan hidup manusia yang mengkaji populasi dan pemanfaatan segala kekayaan bumi, mengkaji peristiwa-peristiwa alam seperti iklim serta mengkaji interaksi-interaksi manusia dengan lingkungannya.

Kemampuan Penunjang

Ilmu alam, mempunyai ketahanan fisik yang kuat, rajin, cermat.

Bidang Minat

Geografi Fisik dan Lingkungan, Geografi Wilayah dan Regional Negara, Geografi Manusia/Kependudukan,
Sistem Informasi Geografis, Kartografi, dan Penginderaan Jarak Jauh.

Lapangan Kerja

Instansi pemerintah seperti dinas PU, BPN, BKKBN, Dispenda, dan Biro Pusat Statistik (BPS), dosen.

Biokimia

Mempelajari peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang berlangsung dalam makhluk hidup.

Kemampuan Penunjang

Biologi dan kimia.

Lapangan Kerja

Industri makanan dan minuman, industri farmakologi, peternakan, pertanian, kehutanan, peneliti di LIPI, LBN, Biotrop, Depkes, rumah sakit, industri farmasi, kosmetika, dosen.

Astronomi

Mempelajari benda dan isi jagad raya.

Kegiatan mahasiswa jurusan astronomi

Kemampuan Penunjang

Fisika, matematika, bahasa Inggris.

Bidang Minat

Astronomi Plasma, Astronomi Relativistik, Atmosfer Bintang, Benda Kecil dalam Tata Surya, Benda Ganda, Dinamika Sistem Antarbintang, Evolusi Bintang, Lintasan Satelit, Materi Antarbintang.

Matematika

Mengembangkan matematika baik sebagai ilmu maupun sebagai alat untuk pengembangan ilmu-ilmu lain seperti fisika, kimia, biologi, teknik, ekonomi, dan lain-lain.

Bidang Minat

Aljabar dan Geometri, Matematika Analisis, Matematika Komputasi (Komputer), Matematika Murni, Matematika Terapan, Statistika.

Lapangan Kerja

Pemerintah (BATAN, LAPAN, Dinas PU, DEPTEN, HANKAM, LIPI, BPPT, Bakorsultanal), perusahaan komputer, perusahaan minyak, bank, dosen.

Kimia

Mempelajari aspek bahan kimia dan reaksi kimia.

Bidang Minat

Biokimia, Kimia Analitik, Kimia Fisika, Kimia Karbon, Kimia Organik.

Lapangan Kerja

Industri makanan dan minuman, industri farmakologi, peneliti di LIPI, LBN, Biotrop, Depkes, rumah sakit, farmasi, kosmetika, dosen.

Fisika

Mengembangkan ilmu fisika murni, fisika inti, fisika modern, elektronika, instrumentasi, geofisis, dan optik.

Kemampuan Penunjang

Fisika dan matematika.

Bidang Minat

Elektronika dan Instrumentasi, Fisika Atom dan Nuklir, Fisika Material, Fisika Medis, Fisika Optik, Fisika Teoretis, Fisika Zat Padat, Geofisika (Fisika Bumi).

Lapangan Kerja

BATAN, LAPAN, BPPT, PPIPTEK, P3FT, perusahaan minyak (Caltex, Union, Oil), dosen.

Biologi




Mengembangkan sumber daya hayati dengan perekayasaan biologi (bioteknologi).

Bidang Minat

Biomanajemen, Biosains, Bioteknologi, Botani, Ekologi $ Biologi Lingkungan, Genetika, Mikrobiologi, Taksonomi, Zoology.

Lapangan Kerja

Industri makanan dan minuman, industri farmakologi, peternakan, pertanian, kehutanan, peneliti di LIPI, LBN, Biotrop, Depkes.

Deskripsi berikutnya silakan tunggu Deskripsi Jurusan-jurusan Kependidikan di Perguruan Tinggi.

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan