Friday 8 January 2016

Deskripsi Jurusan-jurusan Teknologi Industri di Perguruan Tinggi

kegiatan mahasiswa jurusan teknik mesin dan teknik elektro

Hampir semua jurusan di fakultas teknologi industri dikenal sebagai jurusan masa depan cerah. Jurusan-jurusan teknik ini memang sangat dibutuhkan terutama oleh negara yang sedang membangun seperti negara kita ini. Oleh karena itu, tidaklah heran jika persaingannya sangat berat.

Berikut ini beberapa jurusan di fakultas teknologi industri.

Teknik Mesin




Mempelajari konstruksi dan perancangan kerangka mesin, komponen; rekayasa mesin konversi energi untuk pembangkit tenaga listrik dengan berbagai bahan bakar; dan teknik produksi dan assembling.

Kemampuan Penunjang

Fisika, matematika, kimia, bahasa Asing, logika.

Bidang Minat

Teknologi CAD, CAM, & CFD; Teknologi Kendaraan Motor Bakar; Teknologi Optimasi Sistem Energi; Teknologi Otomasi & Robotika Mesin; Teknologi Peralatan Konstruksi.

Lapangan Kerja

Tenaga ahli di semua jenis industri, perawatan mesin, penguji spesimen hasil produksi, PLTA, PLTU, PLTG, BPPT, dan lain-lain.

Ebook Pembahasan Soal SBMPTN

Teknik Elektro

Mempelajari pembangkitan energi listrik, pengolahan, transformasi dan penyaluran atau informasi elektrik dalam berbagai bentuknya.

Kemampuan Penunjang

Fisika, matematika.

Bidang Minat

Elektronika Biomedik, Elektronika Energi Listrik (Arus Kuat), Elektronika Komputer, Elektronika Kontrol, Elektronika Komunikasi, Elektronika Umum

Lapangan Kerja

Tenaga ahli di semua jenis industri, perusahaan telekomunikasi, instansi pemerintah seperti PLN, TELKOM, LEN.

Teknik Sipil

Mempelajari perencanaan lengkap konstruksi bangunan, jembatan, gedung, jalan, serta pengawasan dan pengelolaan bangunan.

Kemampuan Penunjang

Fisika, matematika, bahasa Inggris, senang bekerja lapangan, kreatif, mampu bekerja sama.

Bidang Minat

Teknologi Konstruksi, Teknologi Lingkungan, Teknologi Struktur, Teknologi Sumber Daya Air (Hidrologi), Teknologi Transportasi.

Lapangan Kerja

Kontraktor, konsultan, penyedia bahan bangunan, perusahaan industri (baja, semen, dan lain-lain).

Teknik Pertambangan

Mempelajari eksplorasi mineral bumi mulai dari analisis investasi sampai pengolahan bahan galian.

Kemampuan Penunjang

Fisika, matematika, bahasa Inggris, aplikasi komputer, komunikasi, dan organisasi.

Bidang Minat

Teknologi Eksplorasi Pertambangan, Teknologi Metalurgi, Teknologi Pertambangan Umum.

Lapangan Kerja

Departemen Sumber Daya Mineral, P3TM (Pusat Penelitian Pengembangan Teknologi Mineral), praktisi.

Teknik Perminyakan

Mempelajari tentang eksplorasi minyak dan gas bumi dari analisis awal tentang keuntungan eksplorasi sampai pengolahan minyak menjadi bahan siap digunakan.

Kemampuan Penunjang

Fisika, matematika, logika, bahasa Inggris, aplikasi komputer.

Bidang Minat

Formasi & Reservoir Hidrokarbon, Pengembangan Energi Panas Bumi, Perencanaan & Peralatan Operasi Sumur Minyak & Gas Bumi, Teknik Pengeboran Sumur Minyak & Gas Bumi.

Lapangan Kerja

Drilling Engineer di pengeboran minyak, production engineer, konsultan, dan lain-lain.

Teknik Penerbangan




Mempelajari analisis, perancangan, dan operasi pesawat terbang dan wahana antariksa yang meliputi aspek-aspek aerodinamika struktur dan material, mekanika terbang, sistem pesawat, dan sistem transportasi.

Kemampuan Penunjang

Fisika dan matematika.

Bidang Minat

Teknologi Aerodinamika Pesawat, Teknologi Astronautika, Teknologi Mesin Jet & Propulsi, Teknologi Sistem Kontrol Pesawat, Teknologi Struktur Pesawat, Teknologi Sistem Transportasi & Navigasi Penerbangan.

Lapangan Kerja

Konsultan industri penerbangan, pemerintahan (BPPT, Lapan), dosen.

Teknik Perkapalan

Mempelajari masalah perencanaan berbagai jenis kapal, analisis bentuk badan kapal dan baling-baling yang efisien dari segi hidrodinamika, konstruksi kapal, kekuatan dan getaran badan kapal, dan perancangan galang kapal.

Kemampuan Penunjang

Fisika dan matematika.

Bidang Minat

Hidrodinamika Kapal, Konstruksi Kapal, Perencanaan & Transportasi Laut, Teknologi Industri/Galangan Kapal.

Lapangan Kerja

Konsultan di bidang industri perkapalan, perusahaan perkapalan (PT PAL), dosen.

Teknik Sistem Perkapalan

Mempelajari tentang sistem penggerak kapal, pengendalian kapal, komunikasi pada perkapalan, dan sistem pipa dan pompa pada perkapalan.

Kemampuan Penunjang

Fisika dan matematika.

Bidang Minat

Sistem Perpipaan & Instalasi Listrik Kapal, Sistem Penggerak Utama & Transmisi Kapal, Sistem Kontrol & Monitoring Kapal.

Lapangan Kerja

Konsultan, ahli teknik perkapalan, peneliti.

Teknik Informatika

Kumpulan disiplin yang mengolah fakta simbolik dengan menggunakan hardware (komputer), software (perangkat lunak) dan brain-ware (pemakai).

Kegiatan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, teknik komputer, sistem informasi

Kemampuan Penunjang

Logika, algoritma (berpikir sistematis), memiliki kognitif yang baik, menyenangi teknologi informasi.

Bidang Minat

Informatika Teoretis, Rekayasa Perangkat Lunak & Sistem Informasi, Sistem Terdistribusi (Network).

Lapangan Kerja

Tenaga ahli maupun manajerial di semua jenis industri, konsultan rancang bangun sistem perangkat lunak, industri perangkat lunak (software), perusahaan atau instansi pemerintah pada sistem informasi dan pengolahan data, kontrol otomatik.

Teknik Industri

Mempelajari cara pengaturan fasilitas produksi (karyawan, bahan mentah, mesin, pemasaran, keuangan) untuk meningkatkan kinerja sistem dalam hal produktivitas, efisiensi, simulasi, optimasi, dan ergonomi.

Kemampuan Penunjang

Matematika, manajemen, kepemimpinan, logika, imajinatif, menyukai hal yang baru dan tantangan.

Bidang Minat

Manajemen Industri/Pabrik, Manajemen Keuangan Industri/Pabrik, Pengelolaan Tenaga Kerja, Teori Industri & Teknologi Mesin.

Lapangan Kerja

Tenaga manajerial di semua jenis industri, konsultan pada perusahaan yang berhubungan dengan sistem produksi, perancangan sistem kerja dan ergonomik, perencanaan dan optimasi sistem industri, dan manajemen; departemen perindustrian, departemen pertambangan dan energi.

Teknik Nuklir




Mempelajari fisika inti terutama pada masalah radioaktivitas dan penggunaan radiasi nuklir untuk bidang pertanian, kedokteran, lingkungan, industri, dan reactor nuklir.

Kemampuan Penunjang

Fisika dan kimia.

Bidang Minat

Aplikasi Teknologi Nuklir untuk Bidang Kedokteran, Industri Makanan, Industri Logam, Pertanian, Perminyakan & Lingkungan, Teknologi Reaktor Nuklir & PLTN.

Lapangan Kerja

Peneliti di BATAN, BPPT, LIPI, Pertamina, dosen.

Teknik Kimia

Mempelajari pengolahan bahan mentah (minyak bumi, gas alam, bijih logam, non logam, pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan) menjadi produk yang berdaya guna melalui proses kimia atau fisika.

Kemampuan Penunjang

Matematika, kimia, fisika, bahasa Inggris, kemampuan berkomunikasi dan berorganisasi.

Bidang Minat

Perancangan Alat & Industri Kimia, Teknologi Kimia Hidrokarbon, Teknologi Proses Bioteknologi, Teknologi Proses Kimia, Teknologi Sistem & Pengendalian Proses Kimia.

Lapangan Kerja

Industri kimia yang menghasilkan produk seperti premium, solar, minyak tanah, pupuk, pakan, ternak, tekstil, plastik, cat, semen, kertas, tinta, gelas, deterjen, sabun, kosmetika, material untuk elektronika.

Teknik Fisika

Mempelajari pemanfaatan ilmu fisika untuk kepentingan manusia dan lingkungannya, seperti membuat instrumen bangunan, teknologi untuk mengatasi kebisingan, mengatur suhu ruangan, kontrol robotika, dan pemanfaatan optik dan laser bagi kesehatan.

Kemampuan Penunjang

Fisika (optik, gelombang), matematika, industri (logam, makanan, batu bara).

Bidang Minat

Teknologi Fisika Lingkungan Panas, Teknologi Fisika Bangunan, Teknologi Kontrol Modern, Teknologi Akustik, Sinyal, & Sistem, Termodinamika Statistik.

Lapangan Kerja

BPPT, LAPAN, ELNUSA, TELKOM, INDOSAT, perusahaan swasta, pemerintahan (LIPI, BPPT).

Teknik Lingkungan

Mempelajari pengelolaan daur ulang sampah dan limbah, sanitasi lingkungan, pengelolaan air kotor industri untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Kemampuan Penunjang

Kimia dan biologi.

Bidang Minat

Analisis Dampak Lingkungan, Pengelolaan Sampah & Pencemaran Lingkungan, Pengolahan Air Limbah & Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Teknologi Penyediaan & Pengolahan Air Minum.

Lapangan Kerja

Konsultan lingkungan, BAPENAS, BPPT, PDAM, LIPI.

Teknik Pengairan

Mempelajari irigasi, drainasi, pengangkutan air oleh sungai, sedimentasi sungai, rekayasa sungai, sampai konstruksi bangunan di sungai seperti bendungan.

Kemampuan Penunjang

Fisika dan matematika.

Bidang Minat

Bangunan Irigasi & Konstruksi Bendungan, Menggambar Konstruksi Bangunan Air, Pengembangan Sumber Daya Air, Perencanaan & Pengelolaan Waduk, Teknologi Lingkungan & AMDAL Air.

Lapangan Kerja

Konsultan, departemen perindustrian, dosen.

Teknik Kelautan

Mempelajari bangunan laut yang dapat berupa bangunan pancang (fixed structure) seperti offshore jacket structure, subsea pipeline, compliant structure, maupun bangunan apung (floating structure) seperti tongkang penyimpan minyak (storage barge), kapal pengebor minyak, self-elevating unit (jack up rig) semi submarine, buoy.

Penerapan Teknik Kelautan, bangunan pancang, bangunan apung, tongkang penyimpan minyak

Bidang Minat

Struktur Bangunan Laut, Hidrodinamika Bangunan Lepas Pantai, Perancangan Dan Produksi Bangunan Laut, Lingkungan Dan Energi Laut, Rekayasa Tepi Pantai.

Lapangan kerja

Tenaga ahli di lingkungan pekerjaan umum wilayah perairan, transportasi perairan, pertahanan & keamanan, perusahaan konstruksi lepas pantai, konsultan bangunan perairan, eksplorasi mineral lepas pantai, sejumlah industri, dosen.

Teknik Metalurgi

Mempelajari perancangan bahan yang mempunyai sifat khas yang berguna untuk industri, pertanian, persenjataan, dan sebagainya. Bahan yang dimaksud (tidak hanya logam tetapi juga keramik, polimer, dan lain-lain) bersifat tahan terhadap panas, asam, tahan goncangan, bahan yang ringan, dan sebagainya.

Kemampuan Penunjang

Fisika, matematika dan kimia.

Bidang Minat

Teknologi Keramik, Polimer, Baja Logam Campuran, & Komposit; Teknologi Pengolahan & Pemberdayaan Bahan Sisa; Teknologi Permukaan, Rekahan, & Kerusakan Logam.

Lapangan Kerja

Peneliti pada lembaga geologi dan pertambangan nasional (LIPI, BPPT), ahli teknik, industri logam, manufaktur logam, dosen.

Teknik Material

Mempelajari perancangan material (bahan) yang mempunyai sifat khas yang berguna untuk industri, pertanian, persenjataan, dan sebagainya.

Kemampuan Penunjang

Kimia dan manajemen.

Bidang Minat

Teknologi Material Keramik, Teknologi Material Logam, Teknologi Material Polimer.

Lapangan Kerja

PT Krakatau steel, dinas pertambangan, perusahaan pembuat material.

Teknik Geologi




Mempelajari tentang proses pembentukan material bumi (physical geology) dan sejarah pembentukan bumi (historical geologi). Teknologi yang dihasilkan untuk menentukan kandungan bahan tambang, pemantauan aktivitas gunung berapi, antisipasi gempa dan tsunami, penentuan daerah rawan longsor dan sifat permukaan bumi untuk rekomendasi pembangunan anjungan, pelabuhan dan jalan raya.

Kemampuan Penunjang

Fisika, kimia, pengetahuan sejarah peristiwa alam, menyukai kerja lapangan.

Bidang Minat

Geohidrologi, Geokomputasi, Geoteknik, Stratigrafi Geologi Dinamik, Geologi Lingkungan, Paleontologi, Petrologi & Geologi Ekonomi, Sedimenter & Sumber Daya Energi.

Lapangan Kerja

Perusahaan tambang (Freeport, PT Tambang), Departemen Pertambangan dan Energi, Direktorat Vulkanologi.

Teknik Geofisika

Mempelajari rekayasa untuk mengeksplorasi kekayaan bumi berikut lapisan-lapisan bumi bagi kepentingan manusia seperti pencarian bahan tambang, peramalan cuaca, dan aktivitas gempa.

Kemampuan Penunjang

Fisika, kimia, matematika.

Bidang Minat

Eksplorasi & Penyelidikan Geofisika, Teknik Geofisika Lingkungan, Teknik Instrumentasi Geofisika, Teknik Pemprosesan, Pemodelan, & Penafsiran Data Geofisika, Teknologi Komputasi Geofisika.

Lapangan Kerja

Direktorat Vulkanologi, perusahaan minyak (CALTEX, UNION OIL, MOBIL OIL), perusahaan gas alam (LING ARUN).

Teknik Geodesi

Meliputi penentuan bentuk fisik permukaan bumi dalam hal perbedaan ketinggian (contour), pengukuran gravitasi yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan peta, penentuan batas wilayah negara, kekuatan gravitasi terhadap satelit yang mengorbit.

Kemampuan Penunjang

Fisika, matematika, bahasa Inggris, aplikasi komputer, menyukai kerja lapangan.

Bidang Minat

Foto Udara & Penginderaan Jauh, Sistem & Analisis Lingkungan, Sistem Informasi Geografis, Sistem Pencitraan Alternatif, Survey Geodinamika

Lapangan Kerja

BAKOSURTANAL, Dinas Agraria, Dephankam, BAPENAS, DISPENDA.

Simak juga Deskripsi Jurusan-jurusan Kesehatan di Perguruan Tinggi.

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan