Sunday 19 November 2017

Pembahasan Biologi UN 2017 No. 1 - 5

Pembahasan Biologi UN 2017 No. 1 - 5, kingdom monera

Pembahasan soal-soal Ujian Nasional (UN) tahun 2017 bidang studi Biologi nomor 1 sampai dengan nomor 5 tentang:
  • klasifikasi makhluk hidup, 
  • protista, 
  • jamur, 
  • kelompok tumbuhan, serta 
  • kelompok hewan.

Soal No. 1 tentang Klasifikasi Makhluk Hidup

Perhatikan gambar organisme berikut!

Dua organisme berbeda kingdom, monera dan protista, prokariotik dan eukariotik, membran inti, soal Biologi UN 2017

Ciri khas yang menjadi pembeda kedua organisme sehingga digolongkan ke dalam kingdom berbeda adalah ….

A.   membran inti sel
B.   tubuh uniseluler
C.   memiliki membran sel
D.   memiliki bentuk tubuh yang beragam
E.   mampu hidup di lingkungan ekstrem




Pembahasan

Organisme sebelah kiri adalah organisme bersel satu prokariot (tidak mempunyai membran inti). Tampak bahwa inti menyatu dengan plasma sel. Organisme tersebut tergolong dalam kingdom Monera.

Sedangkan organisme sebelah kanan adalah Paramaecium, organisme yang sudah mempunyai membran inti (eukariot). Tampak pada gambar bahwa inti sel dilapisi oleh membran. Organisme tersebut tergolong dalam kingdom Protista.

Jadi, ciri khas yang menjadi pembeda kedua organisme sehingga digolongkan ke dalam kingdom berbeda adalah membran inti sel (A).

Perdalam materi ini di Dasar Pengelompokan Makhluk Hidup [Soal UN dan Pembahasan].

Soal No. 2 tentang Protista

Sumber bahan makanan alternatif dapat digunakan untuk mengatasi krisis bahan pangan dari kelompok alga, seperti Gellidium, Ulva, dan Eucheuma spinosum. Secara berurutan ketiga spesies tersebut bermanfaat untuk pembuatan ….

A.   protein sel tunggal, agar-agar, dan sayuran
B.   protein sel tunggal, sayuran, dan agar-agar
C.   es krim, sayuran, dan agar-agar
D.   es krim, jelly, dan agar-agar
E.   agar-agar, jelly, dan sayuran



Pembahasan

Sumber makanan alternatif yang dapat diperoleh dari alga (ganggang) antara lain:
  • Gellidium adalah ganggang merah (rumput laut merah) yang menghasilkan bahan berupa gelatin. Bahan ini biasanya digunakan sebagai agar-agar dan bahan pengental dalam pembuatan pasta gigi, es krim, dan coklat susu.
  • Ulva adalah ganggang hijau yang merupakan sumber makanan berupa sayur. Ulva biasanya dikenal sebagai selada air.
  • Eucheuma spinosum juga termasuk ganggang merah yang menghasilkan bahan pembuatan agar-agar dan es rumput laut.
Jadi, manfaat dari ketiga ganggang tersebut yang tepat adalah opsi (C).

Perdalam materi ini di Ciri Kelopok Makhluk Hidup dan Perannya.

Soal No. 3 tentang Jamur

Siswa SMA kelas X berkunjung ke toko roti dan mengamati roti yang tidak terjual. Roti tersebut ditumbuhi oleh jamur. Siswa tersebut tertarik untuk mengamatinya. Hasil pengamatan di bawah mikroskop terlihat seperti gambar berikut!

Jamur roti, Rhizopus stolonifer, jamur dalam kelompok Zygomycota, soal Biologi UN 2017

Ciri khas jamur tersebut adalah ….

A.   memiliki askus
B.   memiliki basidiokarp
C.   mengalami konjugasi
D.   memiliki hifa tidak bersekat
E.   reproduksi aseksual dengan tunas




Pembahasan

Jamur roti atau Rhizopus stolonifer adalah jamur dalam kelompok Zygomycota. Ciri-ciri Zygomycota adalah sebagai berikut:
  • biasanya hidup sebagai saprofit
  • miselium bercabang banyak dan hifa tidak bersekat sehingga terlihat seperti pipa atau bulu
  • dinding sel terdiri atas kitin.
  • tidak memiliki zoospora sehingga sporanya merupakan sel-sel yang berdinding
  • perkembangbiakan secara aseksual dengan spora sedangkan seksual dengan peleburan hifa betina dan hifa jantan
Jadi, ciri khas jamur tersebut adalah memiliki hifa tidak bersekat (D).

Soal No. 4 tentang Kelompok Tumbuhan

Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut!
  1. Fase sporofit lebih dominan daripada fase gametofit.
  2. Akar berupa rizoid.
  3. Daun muda menggulung.
  4. Talus berupa filamen atau lembaran.
  5. Menghasilkan biji.
Ciri kelompok tumbuhan Pteridophyta adalah ….

A.   1 dan 2
B.   1 dan 3
C.   2 dan 4
D.   2 dan 5
E.   3 dan 5




Pembahasan

Pteridophyta atau tumbuhan paku memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • telah memiliki kormus atau sudah mempunyai akar, batang, dan daun sejati, [pernyataan 2 salah]
  • telah memiliki berkas pembuluh angkut xilem dan floem,
  • mempunyai daun tropofil untuk fotosintesis dan daun sporofil untuk menghasilkan spora,
  • daun yang masih muda (tunas) menggulung dan bersisik, [pernyataan 3 benar]
  • memiliki dua fase metagenesis, yaitu fase sporofit dan fase gametofit,
  • fase sporofit adalah tumbuhan paku sendiri sehingga lebih dominan (hidup lebih lama) daripada fase gametofit, [pernyataan 1 benar]
  • reproduksi secara aseksual dengan pembentukan gemmae serta seksual dengan peleburan gamet jantan dan betina,
  • hidup di atas tanah atau batu, menempel di kulit pohon (epifit), di tepi sungai di tempat-tempat yang lembab (higrofit), hidup di air (hidrofit), atau di atas sampah atau sisa tumbuhan atau hewan (saprofit).
Jadi, ciri kelompok tumbuhan paku atau Pteridophyta yang adalah pernyataan 1 dan 3 (B).

Perdalam materi ini di Daur Hidup Makhluk Hidup [Soal UN dan Pembahasan].

Soal No. 5 tentang Kelompok Hewan

Industri tekstil akhir-akhir ini kesulitan mendapatkan bahan baku kain sutera. Untuk mengatasi masalah tersebut masyarakat melakukan budidaya ulat sutera yang tergolong hewan kelas insekta dalam kelompok arthropoda. Ciri-ciri kelas insekta adalah ….

A.   kaki beruas-ruas dan memiliki sayap
B.   jumlah kaki 3 pasang dan tubuh terdiri atas 2 bagian (kepala-dada dan perut)
C.   jumlah kaki sepasang dan tubuh terdiri atas 3 bagian (kepala, dada, dan perut)
D.   jumlah kaki 3 pasang, tubuh terdiri atas 3 bagian (kepala, dada, dan perut)
E.   jumlah kaki 3 pasang, tubuh beruas-ruas




Pembahasan

Insekta atau serangga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  • mempunyai kaki 6 (hexapoda) atau 3 pasang kaki
  • tubuh terbagi menjadi 3 bagian, yaitu kaput (kepala), toraks (dada), dan abodemen (perut),
  • mempunyai 2 sayap (diptera) atau sepasang sayap
  • ada yang mengalami metamorfosis sempurna (ulat – kupu-kupu)
Jadi, ciri-ciri kelas insekta yang benar adalah opsi (D).

Perdalam materi ini di Tingkat Keanekaragaman Hayati [Soal UN dan Pembahasan].

Simak Pembahasan Soal Biologi UN 2017 selengkapnya.
No. 01 - 05No. 21 - 25
No. 06 - 10No. 26 - 30
No. 11 - 15No. 31 - 35
No. 16 - 20No. 36 - 40

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

24 comments:

  1. kak aku save ya jawabannya buat belajar, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. terima kasih kak sangat sangat membantu saya:)
    sukses selalu aamiin

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Kak, berkah selalu yaa...

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banyak kak atas pembahasan soal nya :) sangat membantu sekali buat para siswa yang mau memperdalam pembahasan soal :) sukses selalu ya ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga berkah dan manfaat. Sukses juga untuk Nahdia

      Delete
  5. makasih kak, bisa bantu adek2 yg mau UN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kembali, Bu Destin. Semoga adek2 yang mau UN diberi kelancaran dan kesuksesan

      Delete
  6. Kak, klo bisa di tmbah lgi soalnya y, ditunggu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, secara bertahap pembahasan soal akan saya tambah. Mohon maklum, blog ini masih baru.
      Terima kasih Dasri atas perhatiannya.

      Delete
  7. Makasih kak..sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  8. aduh bagus sekali ,,,makasih ya

    ReplyDelete
  9. Kak, pembahasannya sampai no. 5 aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan di-klik di akhir pembahasan no. 5 "Pembahasan Biologi UN 2017 No. 6 - 10"

      Delete
  10. Sangat pembantu ka,ditunggu pembahasan yang lain,jangan pernh bosen apload ya ka

    ReplyDelete
  11. Terimakasih banyak ka atas ilmunya.. Semoga berkah untuk kehidupan kaka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semoga blog membawa berkah dan manfaat untuk Anda

      Delete

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan